AGRO RAYA TIMUR

Bertani di atas Gedung? Bisa Banget!

Seiring berkembangnya zaman tidak dibarengi dengan adanya perluasan lahan. Salah satu lahan yang dapat digunakan untuk bertani yaitu bagian dari atas gedung atau biasa disebut dengan rooftop.

Seiring berkembangnya zaman tidak dibarengi dengan adanya perluasan lahan. Salah satu lahan yang dapat digunakan untuk bertani yaitu bagian dari atas gedung atau biasa disebut dengan rooftop. Bertani di rooftop tergolong susah-susah gampang, karena terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Apa yang Harus Diperhatikan ketika Bercocok Tanam di atas Gedung?

Memilih tanaman yang memiliki daya tahan tinggi terhadap paparan sinar matahari, karena bagian atas gedung intensitas cahaya matahari juga lebih tinggi.

Tanaman berbunga lebih disarankan untuk bertani dirooftop, tujuan utamanya mempercantik atap rumah.

baca juga : Bertani Cerdas dengan Teknologi Drone

Pilihlah tanaman yang tidak memiliki akar yang telalu besar dan menghujam kebawah seperti pohon palm dan kelapa.

Agar terlihat rimbun, gunakanlah tanaman yang memiliki percabangan yang banyak. Desain sedemikian rupa agar bagian rooftop bisa terlihat rimbun dan segar

Perhatikan saluran irigasi, sistem penyiraman dan naungan jika dibutuhkan.

Terakhir, gunakanlah media tanam yang berkualitas sehingga pertumbuhan tanaman tidak terhambat.

Konsep yang digunakan ketika roof garden sangat fleksibel, tergantung konsep yang kita inginkan.

Jenis Tanaman yang dapat Ditanam di atas Gedung

1. Bunga matahari

Tanaman yang cantik ini mudah dibudidayakan di rooftop, karena perakaran yang tidak dalam serta untuk proses munculnya bunga memang membutuhkan cahaya matahari.

2. Kaktus

Jenis tanaman ini paling banyak menjadi rekomendasi untuk budidaya dirooftop. Selain mampu hidup lebih lama dibawah lingkungan panas dan kering, kaktus juga tidak membutuhkan banyak air semasa hidupnya. Sehingga penyiraman tidak diperlukan setiap hari.

3. Mawar

Tanaman mawar yang memiliki banyak pilihan warna menjadikan keunggulan tersendiri untuk keindahan bagian rooftop, sehingga menjadi salah satu rekomendasi yang pas untuk dipilih dalam roof garden.

4. Melati

Tanaman yang memiliki aroma yang khas sangat cocok untuk ditanam di rooftop, akar yang tidak panjang juga sangat cocok untuk menyejukan rooftop.

5. Lidah mertua

Tanaman lidah mertua yang biasanya digukakan sebagai hiasan rumah dan pertumbuhannya tidak cepat, cocok digunkana untuk menghias bagian atas rumah, salah satunya bagian balkon.

6. Kembang sepatu

Bentuknya yang khas menjadikan kembang sepatu sangat cocok untuk dibudidayakan diroof garden, hal ini menjadi penarik mata bagi orang yang melihatnya, karena membuat atap rumah menajdi lebih segar dan berwarna.

7. Bougenville

Bougenville atau bunga kertas merupakan tanaman yang tidak membutuhkan perawatan khusus, siklus yang cepat berbunga menjadi salah satu alasan banyak orang memilih tanaman ini menjadi penghias rumahnya.

8. Lili paris

Daun yang tipis dan bunga yang berwarna putih menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk ditanam di rooftop. Lili paris akan terlihat lebih cantik ketika muncul bunga bersamaan di roof top.

Bertani di atas rumah atau gedung menjadi hal menyenagkan bagi pemula atau orang yang menyukai bunga dan tidak memiliki lahan yang luas. Selain mempercantik rumah, roof garden menjadikan area rumah tampak lebih segar dan indah.