AGRO RAYA TIMUR

Memanfaatkan sisa bahan makanan sebagai kompos

Pengomposan merupakan cara untuk menguraikan bahan organik dengan bantuan mikroorganisme. Proses ini mudah dilakukan dan dapat dilakukan di dalam rumah dengan memanfaatkan sisa bahan memasak dan sisa makanan. Terdapat beberapa wadah yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat sampah kompos dalam ruangan, di antara lain: Tempat penyimpanan plastik: Ini adalah pilihan yang baik karena tempat sampah ini cukup murah dan mudah diperoleh. Anda bisa mendapatkannya dalam berbagai ukuran tergantung pada berapa banyak ruang yang Anda miliki dan berapa banyak kompos yang Anda harapkan. Anda juga dapat menumpuk tempat sampah ini untuk menghemat ruang. Cukup bor beberapa lubang aerasi di tutupnya, tambahkan sampah organik, dan mulai pengomposan. Laci meja rias kayu tua atau kotak lainnya: Jika Anda dapat memilih tempat sampah tua atau kardus bekas, Anda dapat mengubahnya menjadi komposter dalam ruangan. Cukup tutup bagian atas dengan potongan kayu berengsel sesuai ukuran atau sepotong kain tebal.

baca juga: Yuk mengenal lebih jauh soal Urban Farming

Bahan yang baik untuk pengomposan sebagian besar sisa makanan yang akan Anda masukkan ke tempat sampah di dalam ruangan. Potongan buah dan sayuran, bubuk kopi, kantong teh, dan kertas parut. Hindari memasukkan daging, susu, minyak atau lemak ke tong kompos dalam ruangan (atau luar ruangan). Hindari juga membuat kompos dari barang-barang yang sangat berbau (seperti banyak kulit bawang) karena Anda mungkin mencium baunya di seluruh rumah. Benda berair, seperti melon atau semangka, juga harus dijaga seminimal mungkin untuk menghindari membuat isi tempat sampah Anda terlalu basah.

Beberapa tips penting untuk keberhasilan pengomposan dalam ruangan Anda: Siapkan setumpuk kertas parut atau daun kering di tangan: Tambahkan 1-2 genggam setiap kali Anda menambahkan sisa makanan atau tambahkan bubuk kopi ke tempat sampah Anda. Ini akan mencegah kompos menjadi terlalu basah dan memberikan karbon ke kompos. Sering-seringlah membalikkan kompos: Ini membantu sedikit pemanasan dan meningkatkan aksi mikroba. Mencampur isinya adalah cara yang baik untuk menghindari kantong yang basah dan kering di tempat sampah. Anda dapat menggunakan sekop atau sekop tangan untuk memindahkan isi nampan, atau, jika Anda menggunakan ember, cukup putar bolak-balik beberapa kali untuk mencampurnya. Item yang lebih kecil terurai lebih cepat: Potong makanan cukup kecil untuk hasil tercepat, dan robek kertas Anda atau robek menjadi potongan-potongan tipis.